CARTOON PONYO



Synopsis (english vers)
Acclaimed anime master Hayao Miyazaki returns for his ninth animated feature with Ponyo, which deals with a friendship between a five-year-old boy and a goldfish princess who yearns to be human. The daughter of the king of the ocean, Ponyo is no ordinary goldfish -- she has all the magic of the sea at her disposal. But when five-year-old Sosuke befriends the spunky little fish near the seaside home he shares with his mother and father, a special connection sparks between the two children, and Ponyo becomes determined to become human. Transforming into a little girl, Ponyo shows up at Sosuke's doorstep, delighted to make herself at home with her new land-dwelling family. But having a magical fish princess walking around on dry land begins setting the mystical balance of the world off kilter, and even though the innocent love Ponyo feels for her dear friend is strong, it will take some help from the greatest powers in the ocean to make things right again. ~ 



Tokoh utama dalam film ini adalah seekor anak ikan yang ingin menjadi manusia bernama Ponyo dan seorang anak laki-laki yang bernama Sousuke. Dalam karya-karya yang diproduseri oleh Hayao Miyazaki, Ponyo adalah karya yang tidak memiliki sisi kekerasan, karya yang bernuansa sama adalah film animasi berjudul Kiki's Delivery Service yang dirilis pada tahun 1989.

Ponyo diadaptasi dari cerita anak-anak The Little Mermaid karya Hans Christian Andersen. Miyazaki tidak mengadaptasi The Little Mermaid sepenuhnya, dia mengubah banyak hal, dengan memindahkan setting ke Jepang masa kini agar mengurangi nuansa kristiani yang ada pada The Little Mermaid. Pada konferensi pers di Festival Film Venice, Miyazaki mengatakan bahwa, pada proses pembuatan Ponyo, dia menyadari bahwa karyanya mirip dengan The Little Mermaid, namun Miyazaki menegaskan bahwa Ponyo dibuat bukan berdasarkan The Little Mermaid.
Film ini adalah percampuran antara dunia nyata dan fantasi. Di dalamnya banyak terjadi kejadian alam yang aneh yang tidak disertai penjelasan mengapa hal itu terjadi. Miyazaki menjelaskan bahwa, pada saat dia membuat karya ini dia berfikir untuk membuat film yang tidak beralur tetapi mudah dimengerti. Miyazaki merasa bosan dengan alur cerita yang biasa dan ingin membuat sesuatu yang tidak bergantung pada idealisme.


Ponyo adalah anak ikan yang tinggal di laut. Pada suatu hari, dia memutuskan untuk pergi dari rumahnya dan bertualang ke dunia luar. Ponyo hampir saja terjaring oleh nelayan ikan, pada saat dia terperangkap di jaring, kepala Ponyo terbentur botol selai dan kehilangan kesadaran. Namun Ponyo bisa lolos dari jaring itu karena secara kebetulan keluar dari celah-celah jaring nelayan.
“Sousuke” tinggal di rumah yang ada di atas tebing. Dia menemukan Ponyo di pantai, lalu dia menyelamatkan Ponyo dan mereka menjadi sahabat karib. Namun, Ponyo ditangkap oleh ayahnya, Fujimoto dan dipaksa untuk kembali ke rumahnya. Ponyo yang ingin menjadi manusia dan tinggal bersama Sousuke mencuri obat sihir milik ayahnya dan berusaha untuk kembali ke rumah Sousuke.Ponyo akhirnya berhasil menjadi manusia dan kembali tinggal bersama Sousuke namun terkena kutukan. Kutukan itu adalah, Ponyo akan hilang menjadi busa jika Sousuke memiliki perasaan kepada wanita lain.


No comments:

Post a Comment