Naskah DRAMA >> Arti Sahabat


ARTI SAHABAT


Karya : Kelompok KAMI di XI-AK1 SMKN 1 B.Aceh :)
(Yaumil Farah, Niswani Kamila, Noura Usrina, Rista Oktavia, dan teman-teman lainnya)

(Song “Summer's Desire OST Track 1”)
Ini adalah sebuah kisah Rakyat Jelata yang bersekolah di Sekolah yang tergolong dari orang-orang kaya. Dari ratusan siswa-siswi di  sekolah itu ada 4 anak yang berasal dari keluarga cukup terpandang. Tetapi Ketiga siswi itu memiliki sifat sombong dan egois mereka adalah Clara, Famel, dan Bella. Clara adalah anak seorang pemegang saham terbesar di SMA itu, Famel adalah anak perancang busana terkenal dan Bella seorang anak pengusaha. Sifat mereka bertolak belakang dengan Molli anak pemegang saham kedua terbesar di sekolah itu, walaupun Molli berasal dari keluarga Konglomerat tetapi sifatnya tidak sombong layaknya anak biasa.
Berbeda dengan Laila dan Fany, mereka adalah anak dari golongan yang kurang mampu. Mereka telah berteman baik dari kecil. Tetapi Suatu hal membuat Fany tak ingin berteman lagi dengan Laila. Ingin tau ceritanya lebih jelas ? Penasaran ? saksikan drama berikut ini.
(Di Hari pengumuman UN)
Siswa/i          : (melihat papan pengumuman) yyyeeee !!

                                      Aku lulus... Alhamdulillah gue lulus...
 
(Song “Summer's Desire OST Track 8”)
Ternyata siswa/i SMP MAJU MUNDUR mendapat hasil yang memuaskan, karena 100% siswa/i sekolah ini lulus dengan hasil yang memuaskan. Salah seorang siswi dari sekolah ini mendapatkan beasiswa di “ARSA International School” sebuah sekolah mewah dan hampir semua siswa/i-nya berasal dari golongan orang kaya di Indonesia.



Fany               : Selamat ya La, kamu mendapat beasiswa di sekolah yang  terkenal di Indonesia bahkan di dunia.
Laila                : Iya, makasih (dengan wajah tidak senang)
Fany               : Kok muka kamu gitu ?
Laila                : Sebenarnya aku kurang senang masuk ke sekolah itu. Kamu tau kan status keluarga ku itu sangat-sangat ga cocok masuk ke sekolah itu.
Fany               : Yaudah, kamu sabar aja ya, harus tetap semangat. Insya Allah aku  juga pengen coba test di sekolah itu J
Laila                : Beneran ? (kegirangan)
Fany               : Iya , kita lihat aja nanti. J

Tibalah hari test di “ARSA International School”. Walaupun Laila mendapatkan beasiswa, dia juga harus menjalankan test di sekolah ini. Terlihat banyak siswa/i dari kalangan konglomerat yang test di sekolah ini.

Molli               : (tersenyum kepada Laila yang baru datang).
Laila                : (membalas senyum Molli dan duduk di belakang Molli)
            Molli               : Eh, nanti bagi-bagi ya... ! ok !^_^
Laila                : (hanya tersenyum dan hanya megangguk)

(Di tempat lain ..)
Fany yang duduk di sebelah Clara pun tersenyum kepada Clara. Di belakang Fany dan Clara duduk Bella dan Famel yang juga tersenyum kepada Clara.

            Clara               : Hey guys ! nanti bagi-bagi jawabannya ya !
            Fany               : Hanya tersenyum.
Bella dan Famel       : (hanya terdiam dengan wajah cemberut)

Bel pun berbunyi tanda bahwa test penerimaan siswa baru telah selesai (semua calon siswa pulang). Beberapa minggu kemudian, hasil test penerimaan siswa baru pun keluar. Seluruh siswa melihat hasil test tersebut.

            Siswa-siswi    : (melihat-lihat papan pengumuman)
                                      (lompat-lompat kegirangan karena lulus)
Molli               : (berjalan menemui Laila)
                          Eh,, Kamu yang namanya Laila Wahyuni ya ?
Laila                : Ia. Nama Kamu siapa ?
Molli               : Kenalin nama aku Mariska Lolita. Panggil aja aku Molli (Sambil berjabat tangan).
Laila                : Salam kenal ya J semoga kita bisa berteman dengan baik.
Molli               : (melihat papan pengumuman lagi)  Laila , kamu tau ga? Kamu itu dapat nilai tertinggi, hmm nomorku mana ya ? atau jangan-jangan ....... (dengan muka sedih dan resah)
Laila                : Molli, kamu jangan cepet nyerah gitu donk. Coba kamu lihat di   lembar yang lain.         

Molli pun pergi tuk melihat lembar pengumuman lainnya.

Molli               : (menunjuk namanya yang ada di papan pengumuman)
Ni dia J Laila aku lulus (dengan wajah kegirangan)
            Laila                : Tuh kan bener kamu lulus ...
                                    Selamat ya .... J
            Molli               : Iya , makasih J

Bella pun memata-matai Molli dan Laila yang sedang kegirangan, dan Bella pergi untuk memberi tahu Clara tentang hal itu.
Pasti ada yang bertanya-tanya kan, “Kok Bella bisa kenal sama Clara ?” . Sedikit cerita tentang mereka ya, Ternyata Bella, Famel dan Clara adalah teman akrab dari SMP. Jadi jangan kaget ya kalau mereka bisa akrab pas SMA. Sedangkan Fany mulai akrab dengan mereka ketika hari pendaftaran di “ARSA Internasional School”.

            Bella               : Clara, Clara ... kamu tau ga ? (memanggil dari kejauhan)
                                    Laila si miskin itu dapat nilai tertinggi.
            Clara               : Laila yang mana ? (bingung)
            Fany               : itu tu, anak si penjual bakso !
            Famel             : Emang bakso punya anak ya ? (menyambung pembicaraan)
            Fany               : Bukan itu, maksud aku anak penjualnya . Ngerti nggak sih ?
            Famel             : Ngerti aja deh biar cepet (sambil cengar-cengir)
            Bella               : Eh Fan, kamu kenal tuh anak ?
            Fany               : emm ... engga sih cuma tau aja :D
            Clara               : setau aku bukannya kalian satu SMP ?
Fany               : (bingung) emmmm .. iya sih, tapi aku enggak akrab sama tuh anak.
            Clara               : Bagus deh kalo gitu.

2 minggu kemudian... siswa/i sudah mulai masuk sekolah dan memperkenalkan diriya di depan kelas.

Fany               : (memperkenalkan diri) Hei Friends.. Kenalin nama aku Tifany. Kalian bisa manggil aku Fany. Aku tuh anak pengusaha terkenal di Indonesia. Hoby aku tu Traveling, keliling dunia dan nonton concert Artis-Artis Korea. Sekian Biodata dari aku. Thanks J
Laila                : (dengan ekspresi kaget)
            Laila                : (bagun dan memperkenalkan diri) Nama saya Laila Wahyuni.
            Clara               : Oh ini yang namanya LAILA :D
                                    Anak si penjual bakso itu an ? :/
            (semua)         : Hahaha ... :D
            Bella               : Iya , itu dia anak si penjual bakso :D
            Famel             : euwh .. kamseupay !
Karena dikelas tak ada guru, Laila pun tak sanggup lagi mendengar hinaan dari teman”nya dan berlari meninggalkan kelas. Molli pun yang kasihan melihat Laila pergi menyusulnya. (song “2PM - Tik Tok (Feat. Yoon Eun Hye)”)

            Molli               : Kamu kenapa ? jangan sedih ya ...
Biasa kalau orang nge-fans emang gitu dia ( berusaha menghibur)
            Laila                : Fans darimana ?
            Molli               : Fans dari neraka. Mereka sirik karena ngeliat bidadari turun ke                                bumi.
            Laila                : Makasih, kamu tau aja kalo aku bidadari (narsis)
            Molli               : Gitu donk, jangan sedih lagi ya...

(Song “Cherrybelle - Best Friend Forever”)

Hari demi hari disekolah terlewati dengan berbagai macam rintangan. Ada sedih, senang, suka dan duka terlewati bersama.
Dan di suatu sisi tumbuhlah benih-benih cinta di salah satu dari ke empat bidadari neraka. Clara, Famel, Bella, dan Fany. Hm.. hayooo tebak siapa ?
( Di kelas) ...

            Fany               : (senyam senyum, Song “Gaby – Begitu Indah”)
            Clara               : Kamu kenapa mel ? senyam senyum sendiri.
            Fany               : Biasa tuh yang lagi eheeem.. eheemm..
                                    Jatuh hati samaa ... (sambil baerbisik)
            Famel             : Kalian kenapa sih? (memotong pembicaraan)
                                    Hati aku tu nggak mungkin jatuh, kalau jatuh ya matii !!
            Bella               : Jatuh cinta bukan jatuh hati.
            Famel             : Tuh si Fany kamseupay... masa jatuh hati. (mengejek)
            Fany               : Ini yg oon aku atau kamu sih ?
            Clara               : Udah deh kamu kayak nggak tau famel aja..
            Fany               : Haha .. mau tau nggak siapa ?
                                    Orang itu yang menjadi penyemangat famel datang ke sekolah.
            Clara               : oh ... Pantesan Famel jadi betah di sekolah (bercanda)
Famel             : euwh . aku tuh memang selalu rajin, baik hati, dan tidak sombong.
Bella               : Famel ga nyambung.
                        Mending kita ke kantin aja, cari mangsa.

(Di kantin)
Seperti biasanya setiap jam istirahat Laila membantu ibunya di kantin.
(Song  “CL and Minzy (2NE1) - Please Don't Go”)

            Laila                : (membawa bakso)
            Clara               : (Menyenggol Laila) iiiyyh kamu punya mata ga sih ?
Kalau jalan itu pakek mata bukan pake dengkul. Liat nih baju aku kan uda kotor.
Famel             : Iyoouhh, Clara kamseupay ! hm dimana” bukannya orang kalo jalan make kaki ya ?? --“
Molli               : Diam... Kalian kenapa sih datang” bikin ribut.
                        Eh Clara mentang’’ kamu anak orang kaya jangan berlagak seenaknya gitu donk. Uang itu bukan segalanya.
                        Kalian juga (menunjuk ke Famel, Bella)
                        Pertemanan itu jangan dilihat dari materi tapi dari hati.
Clara               : euwh ... Pertemanan rakyat jelata, gak selevel sama kita.
Famel             : kok logat nya ikut”an sih?
Clara               : kamu juga nyontek di film kan ?
                        Udah deh diam aja, bukannya ngebantuin.
Laila                : Ngebantuin? Udah deh kalian jangan ribut.
                        Sama-sama kamseupay aja pun gabuk !
Famel, Clara & Molli: Ini lagi ikut”an.
Molli               : Pokoknya aku gak mau liat lagi kalian berlaku gak sopan gitu sama Laila. Ingat itu !
Clara               : suka” aku dong. Mulut” siapa ?
                        Masalah buat lo. (sambil menyenggol)
Kemudain datanglah Fany (Song “Big Bang - Day After Day”)
Molli               : (ingin membalas, tetapi ditahan oleh Fany yang baru datang)
Bella               : Kamu sebenarnya bela siapa sih Fan ?
Fany               : (hanya diam L )
Clara               : Iya nih, aneh kamu belain si lele atau kami?

Fany pun masih terdiam dan tak mau mengeluarkan suara sedikitpun untuk membela Clara sahabatnya. Karena gerah dengan kelakuan Fany, Laila, dan Molli, bidadari dari neraka ini pun pergi meninggalkan mereka bertiga.

Laila                : Kamu kenapa nggak belain mereka?
Molli               : Iya nih, bukannya kamu udah jadi sahabat setia mereka?
Fany               : (hanya terdiam dengan muka pasrah karena disalahkan L)
Molli               : Kamu berteman sama mereka cuma mencari popularitas aja kan ? Sadar dong Fan, uang itu bukan segalanya.
Laila                : Kita tuh udah dilahirkan dari golongan rendah dan jangan mau direndahin nantinya.
                        Kita tuh boleh kok berteman dengan siapa aja, tapi ingat ya Fan, pertemanan yang dilihat dari materi gak akan bertahan lama.
Fany               : Maaf ya, tadi aku cuma pengen membela yang benar (pergi meninggalkan Molli dan Laila) (Song “Ai Atsuka – Planetarium”)

Ternyata disamping pembicaraan mereka, Bella pun mendengar semua pembicaraan mereka dan menceritakan siapa fany sebenarnya pada bidadari neraka.

            Clara               : Aku gak nyangka deh kok bisa Fany bohongin kita.
            Famel             : Ternyata dia juga rakyat jelata .. Euwh ...

Datanglah Fany ..

            Bella               : Itu tuh si penipu kelas kakap .
            Clara               : (melihat Fany dengan sebelah mata)
                                    Ngapain kamu kemari ?
            Famel             : Kok nanyanya gitu dia kan teman kita, walaupun euwh !
            Clara               : Orang gitu di jadiin temen? Gak ah... buang ke laut aja deh.
            Fany               : (dengan kesal pergi meninggalkan mereka)

Akhirnya Fany pun menyadari kesalahannya dan meratapi semua kesalahanya. Ia pun duduk termenung menyediri sambil merenungi bahwa pertemanannya telah hancur. Dan ia Menyadari bahwa Kelakuannya Selma ini salah telah berbohong dan tidak mau berteman dengan Laila. (Song “Drive- Bersama Bintang”)
Akhirnya Fany memutuskan bergabung kembali bersama Layla sahabat lamanya dan Molli.

Ketika Fany Sedang bergabung dengan Laila dan Molli datanglah Bidadari neraka.

Fany, Laila, Molli      : (Sedang berbicara)
            Famel             : euww.. Liat tuh ada perkumpulan rakyat jelata.
            Clara               : Gak level banget deh.
(Song Lollipop – Kamseupay)       
            Bella               : dari pada lama-lama disini mending kita cabut aja.
            Clara               : Ia nih, nanti bisa alergi .
            Molli               : Yang suru kemari siapa ?
            Fany               : euww kamseupay
            Famel             : euww ikut-kut…
(Pergi meninggalkan Fany, Laila dan Molli)
           
Sebulan kemudian Clara mendapat kabar bahwa orang tuanya tidak menjadi pemegang saham terbesar di sekolah itu lagi. Teman-temannya mengetahui bahwa orang tuanya telah bangkrut. Teman-temannya pun mulai menjauhinya.
Clara selalu kesepian dan gundah meratapi nasib!

Di kantin...

            Clara               : (meratapi nasib, Song “Taubat”)
Bella dan Famel       : (duduk bercanda ria di kantin)
            Clara               : (menghampiri)
            Bella               : ngapain kamu kemari ?
            Clara               : Bukannya kita selalu bareng.
            Famel             : Kita ? Loe aja kaleeeeeeee .. euwh !

Karena merasa dijauhi oleh Bella dan Famel, Laila pun merasa iba melihat nasib Clara dan menghampirinya.

Laila                : Kamu kenapa ? jangan sedih yaaa .. masih ada kita yang mau temenan sama kamu.
Clara               : Sok perhatian banget sih loe !
Molli               : Syukur udah ada yang mau nampung betingkah pulak tuh !
Laila                : Husss , enggak baek ngomong kek gitu.

Laila pun mengajak Clara untuk bergabung bersama mereka. Awalnya Clara Masih merasa gengsi , ia terlihat malu-malu dan akhirnya ikut juga.

Esok harinya ....
Terlihat Famel dan Bella jalan berdua.
(Song)

Laila dan Fany          : (menghampiri mereka berdua)
            Laila                : Mel, aku kesini mau temenin Fany untuk minta maaf.
            Bella               : Minta maaf aja harus ditemenin :/
            Laila                : ayoo Fan J
Fany               : Bel, Mel , aku mau minta maaf sama kalian, kalau aku udah bohong sama kalian (memberikan tangan)
Famel             : (ingin memberikan  tangan tapi ditahan oleh Bella)
Bella               : ngapain dimaafin sih mel ? :/
Famel             : Kata mama kalau enggak mau maafin nanti masuk neraka lho .. hayooo ..? pilih mana ? yeah so pasti aku pilih surga lah .. jadi aku maafin aja deh (menjabat tangan Fany)
Laila                : Kamu Bel ? Nggak mau ikutan ?
Bella               : Iya deh aku maafin.
Famel             : yeeee , Bella juga masuk surga :p

Tiba-tiba Molli dan Clara datang menghampiri mereka berkumpul tanda drama ini akan segera habis...

Famel             : Hy rakyat jelata sekalian . uupps :/ maksudnya temen-temen, Tecil mewakili seluruh pemain drama ini ingin menyampaikan nasehat kalau sahabat itu penting, persahabatan itu gak harus dilihat dari materi tetapi dari hati. And then, di dalam persahabatan gak ada tuh yang namanya berbohong kayak si Fany tu ... Kamseupay ! euwh :/
Kalau sahabat yang tulus itu pasti mau menerima kita apa adanya.


Demikianlah Drama Arti Sahabat  persembahan dari kami. Jika ingin mengetahui lanjutan dari drama ini silahkan saksikan di stasiun Televisi kesayangan anda. Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dalam berkata, terdapat kesamaan nama tokoh dan lain-lain karena ini hanyalah cerita fiktif belaka yang dapat di ambil nasihat dan hikmahnya. Sekian dan Terima Kasih atas perhatiannya.

Note : oh iya ini karangan kami bersama :) jadi jika ingin meng-Copy, Baiknya menyertakan karya kami/sumber :) Terima Kasih ^_^ . 
Salam Karya anak Aceh :D

28 comments:

  1. Replies
    1. iya :) soalnya ini karangan saya bersama teman-teman waktu ngambil nilai pelajaran Seni Budaya :)

      Delete
  2. bagus dramanya ^_^ sering-sering share ya hhehe

    ReplyDelete
  3. cerita nya teralu panjang dan gak begitu jelas cerita nya dan ceritanya sagat menyadihkan

    ReplyDelete
  4. keren bner tp lebih keren kalo di jadiin novel dan di jual ke luar negeri semoga sukses dah buat ini cerita :D

    ReplyDelete
  5. Saya mencoppy artikel ini lalu saya terjemahkan ke basa sunda krna banyak yang request dari cerita ini. hehhe coba lihat sob :) link blog sobat saya cantumkan dibawah artikel :) hhe

    Drama Arti Sahabat Versi Basa Sunda

    ReplyDelete
  6. kerenkerenkeren cuyyy;)

    ReplyDelete
  7. Saya Mau Filmkan ceritanya boleh gak ?

    ReplyDelete
  8. gaje banget...dibuat yang lebih bagus lagi yah ;)

    ReplyDelete